GOOGLE MAP

Senin, Oktober 18, 2010

Mengapa Percakapan Orang di Ponsel Begitu Mengganggu?

Pernah berpikir kenapa mendengarkan percakapan telepon orang lain bisa sangat menjengkelkan? Rupanya menurut ilmuwan di Cornell University New York, para pengguna lebih berkonsentrasi pada potongan percakapan ketimbang mendengarkan seluruh percakapan.

"Kita memiliki kontrol yang kurang untuk mengalihkan perhatian pada setengah percakapan (halfalogue) daripada mendengarkan seluruh obrolan," ungkap Lauren Emberson, penulis studi yang akan diterbitkan di jurnal Psychological Science itu.

"Halfalogue benar-benar menjengkelkan dan Anda tak dapat mengatasinya, ini bisa menjelaskan mengapa orang bisa marah," tuturnya.

Menurut US Wireless Trade Association CTIA, pada tahun lalu warga Amerika Serikat menghabiskan 2,3 triliun menit untuk mengobrol di ponsel. Jumlah ini meningkat sembilan kali lipat sejak tahun 2000. Sedangkan menurut International Telecommunications Union, di seluruh dunia ada sekitar 4,6 miliar pengguna ponsel.

Jumlah ini sama dengan sekitar dua per tiga penduduk dunia. China sendiri memiliki jumlah pengguna ponsel sebesar 634 juta, diikuti oleh India dengan 545 juta dan Amerika Serikat dengan 270 juta pengguna ponsel.

"Bila Anda mendengar setengah dari percakapan maka yang didapatkan hanya informasi yang kurang sehingga Anda tak dapat memprediksikannya," lanjut Emberson. "Hal inilah yang membutuhkan perhatian lebih," tambahnya.

Menurut Emerson, orang lebih mencoba memahami potongan percakapan kemudian memprediksi perkataan selanjutnya ketimbang mendengarkan seluruh percakapan kemudian dimengerti.

Temuan oleh Emberson dan penulis Micheal Goldstein ini didasarkan pada penelitian yang melibatkan 41 mahasiswa. Mereka melakukan latihan konsentrasi seperti pelacakan titik yang bergerak sambil mendengarkan satu atau dua orang dalam percakapan telepon.

Hasilnya? Para siswa membuat banyak kesalahan ketika mendengar setengah potongan percakapan daripada saat mendengar seluruhnya. Studi ini menunjukkan bahwa mendengarkan percakapan ponsel ketika mengerjakan tugas lain akan sangat mengganggu.

"Hasil ini juga menunjukkan bahwa perhatian seorang pengemudi bisa terganggu oleh percakapan ponsel penumpangnya," tutupnya, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (25/5/2010).

( feb / ash )

sumber http://www.detikinet.com/read/2010/05/25/073846/1363407/398/mengapa-percakapan-orang-di-ponsel-begitu-mengganggu/?i991101105%3Ftopnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar