GOOGLE MAP

Sabtu, September 10, 2011

CARA UNTUK MENDEKATI ORANG YANG SELALU BERPIKIR NEGATIF


Dalam suatu perusahaan atau perkumpulan orang, kita tahu bahwa selalu saja ada orang yang berpikiran negatif. Orang-orang yang negatif ini seperti lubang hitam yang suka menyedot cahaya dan energi dari kita. Mereka adalah vampir sosial yang menghisap kehidupan dari kita. Mereka datang dalam berbagai bentuk seperti merengek2,suka menuntut, dan ratu drama di lingkaran sosial mu. Berinteraksi dengan mereka bisa menguras tenaga dan dapat membuat kita membutuhkan kesegaran, hawa positif. Mereka membuat kita merasa waspada dan tidak nyaman. Mereka memberikan getaran yang buruk sedemikian rupa sehingga kita tidak sabar untuk pergi. Jika kita tidak ingin terus-menerus merasa seperti ini, sebaiknya kita harus mencari cara untuk mengatasi orang-orang yang negatif dalam hidup kita. Setelah kita mengidentifikasi mereka, cobalah untuk menggunakan tips ini untuk menangani mereka.

1. Tentukan Batasan

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah untuk menetapkan batas yang jelas untuk interaksi kita dengan orang-orang ini. Apakah sifat dari hubungan kita? Apakah ada cara agar kita dapat meminimalkan interaksi dengan mereka? Tentukan berapa banyak waktu yang ingin kita habiskan dengan mereka. Pastikan kita tegas tentang batasan-batasan dalam berkomunikasi dengan orang-orang ini.

2. Cobalah untuk mengerti

Kadang-kadang, ketika kita memahami motivasi orang2 dan alasan untuk hal-hal yang mereka lakukan, membuat kita sedikit lebih mudah untuk menangani mereka. Cobalah untuk memahami penyebab negatif mereka. Mungkin ini dapat membantu kita memilih pendekatan yang tepat ketika ngobrol dengan mereka.

3. Pendirian teguh

Sebagian besar waktu, berurusan dengan orang-orang negatif menguras energi kita. Kunci untuk tidak membiarkan ini terjadi adalah dengan cara memiliki pendirian yang teguh. Jangan terjebak dalam pembicaraan negatif. Orang negatif berbicara tentang kesengsaraan mereka karena mereka ingin mendapatkan reaksi dari kita. Daripada terjebak ke dalam masalah mereka, sebaiknya tetap pada pendirian kita dan tidak memberi mereka kepuasan yang dapat menarik kita ke dalam lingkaran negatif mereka. Kita harus mengendalikan reaksi kita, emosi, dan energi kita sendiri.

4. Dorong untuk selalu positif

Jangan membalas negatif dengan negatif lagi. Ketika seseorang mulai mengeluarkan hal-hal negatif dari mulut mereka, cobalah strategi ini. Minta mereka untuk memikirkan sesuatu yang positif. Hal ini dapat mengatasi keluhan mereka. Ini bisa tentang pengalaman masa lalu mereka. Pendekatan ini untuk memaksa sikap positif mengusir negatifnya. Biarkan itu terjadi hingga mereka menjadi sadar betapa negatifnya pemikiran mereka.

5. Biarkan meluncur dengan sendirinya

Negatif ini, maksud saya. Jangan biarkan orang-orang negatif dan pembicaraan mereka menguasai kita. Kita tidak dapat mengendalikan pikiran mereka atau kata-kata mereka, tetapi kita pasti bisa mengendalikan reaksi kita sendiri. Biarkanlah energi negatif menjauh dari kita. Ingatlah bahwa beberapa orang yang negatif menjadikan kita sebagai tempat melampiaskan emosi negatif mereka. Karena sikap negatif bukan merupakan cerminan dari diri kita maka kemungkinan besar kita tidak akan terpengaruh.

6. Ubah topik pembicaraan

Sekali lagi, orang-orang yang negatif akan berkembang dari reaksi yang mereka dapatkan dari pendengar mereka. Ketika mereka mulai berteriak-teriak dan merengek, cobalah untuk mengubah topik untuk sesuatu yang lebih positif. Kita harus tegas dan konsisten dalam melakukan hal ini. Jika kita terus beralih ke topik yang positif, mereka diharapkan akan melihat bahwa cara berpikir mereka tidak akan diterima dan mereka akan berubah. Atau bisa saja mereka bosan karena tidak mendapatkan reaksi dari kita dan akhirnya beralih untuk mengganggu orang lain.

7. Positif dalam menanggapi negatif

Daripada memperkuat pikiran negatif orang lain, sebaiknya kita mencoba untuk membuat tanggapan positif serta pernyataan2 yang positif. Kita tidak harus mengabaikan negatif mereka tetapi kita harus membuat suatu tanda untuk menunjukkan kepada mereka sisi positif dari sesuatu. Kadang-kadang, mereka tidak bisa melakukan tindakan positif seorang diri sehingga kita harus membantu mereka. Kita tidak bisa memaksa untuk mengubah mereka seketika tetapi kita dapat berharap bahwa positif dari kita akan menular pada mereka.

8. Bicara solusi

Tidak hanya mendengarkan masalah mereka terus-menerus, mengambil jalan inisiatif dan menawarkan untuk membantu mereka menemukan solusinya. Tanyakan kepada mereka dari mana negatif itu berasal dan apa yang mereka mungkin dapat dilakukan untuk mengatasinya. Mendorong mereka dan membiarkan mereka tahu bahwa mereka bisa mengubah situasi mereka saat ini.

9. Pandang mereka sebagai guru

Jika ada orang negatif yang kita tidak bisa hindari, cobalah untuk melihat sisi positif dari kehadiran mereka. Mereka bisa menjadi alat yang dapat kita gunakan untuk membantu kita mempelajari lebih lanjut tentang diri kita. Biasanya, mereka membawa emosi buruk pada kita. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mencermati dan bahkan menyelesaikan masalah sendiri dan kelemahan kita.

10. Cintai mereka tapi tidak meningkatkan ego

Orang yang tidak bisa melihat sesuatu yang positif dalam diri mereka sendiri butuh beberapa hal penting yang harus mereka  kerjakan. Hal ini dapat membantu mereka untuk mendengar dorongan dan kata-kata penuh kasih sehingga mereka akan tahu sesuatu yang baik dalam diri mereka. Ketika mereka melakukan sesuatu yang pantas, kita perlu menawarkan pujian tulus. Tidak hanya memberikan sanjungan kosong dan kata-kata kekaguman. Kita hanya akan memberi makan ego mereka dan mereka mungkin datang kepada kita hanya untuk meningkatkan ego dan bukan kebutuhan akan dukungan yang nyata.

Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti hubungan mereka dengan kita, kedekatan mereka, dan di mana negatif itu berasal. Tulisan ini boleh jadi menolong kita untuk mengantisipasi situasi yang bisa terjadi di sekitar kita. Semoga membantu.

 

Sumber  > rumahcurhat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar